Saturday, August 25, 2012

Charger Batteray


Dengan rangkaian ini, baterai akan diisi dengan arus konstan yang umumnya sepersepuluh dari kapasitas baterai ampere-jam. Misalnya baterai 60AH, maka baterai akan diisi dengan arus konstan 6 Amper.
Rangkaian ini dibagi menjadi tiga bagian: sumber arus konstan, proteksi pengisian berlebih dan indikator tegangan baterai  terlalu rendah sebelum proses pengisian.

Rangkaian baterai charger arus konstan



Charger baterai memiliki beberapa fitur berikut: 
·                     Chaeger dapat mengisi 6V, baterai 9V dan 12V, dengan cara mengubah nilai-nilai dioda zener ZD1 dan ZD2.
·                     Arus konstan dapat diatur sesuai dengan kapasitas baterai dengan menggunakan potmeter dan multimeter secara seri dengan baterai.
·                      Setelah baterai terisi penuh, akan mencapai tingkat tegangan tertentu (misalnya 13.5-14.2V untuk baterai 12V), memberikan indikasi dan pengisi baterai otomatis akan mati. Anda tidak perlu melepas baterai dari sirkuit.
·                      Jika daya baterai habis di bawah batas, akan memberikan indikasi pemakaian baterai berlebih.
·                      Arus bocor kurang dari 5 mA dan sebagian besar disebabkan zeners.
·                     Sumber tegangan DC (VCC) bisa bervariasi berkisar dari 9V ke 24V.
·                     Terdapat proteksi hubung singkat. 
R2 dan T1 membatasi arus pengisian maksimal jika terjadi masalah atau terminal baterai hubung pendek. Untuk mengatur arus pengisian, setelah multimeter dihubungkan secara seri dengan baterai dan sumber, atur potmeter VR1 perlahan-lahan sampai arus pengisian yang diperlukan tercapai.

 Sesuaikan VR2 saat baterai terisi penuh (katakanlah, 13.5V untuk baterai 12V) sehingga VGS dari T5 diatur ke nol sehingga pengisian arus yang mengalir ke baterai berhenti. LED1 menyala untuk menunjukkan bahwa baterai telah terisi penuh. Saat LED1 menyala, internal LED dari optocoupler juga menyala dan transistor internal menjadi konduksi.Akibatnya, gerbang-sumber tegangan (VGS) dari MOSFET T5 menjadi nol dan pengisian berhenti.


Jika tegangan terminal baterai turun,
 misalkan 11V untuk baterai 12V, sesuaikan potmeter transistor VR3 sehingga T3 menjadi cut-off dan T4 menjadi konduksi. LED2 akan menyala untuk menunjukkan bahwa tegangan baterai rendah.

Nilai dari dioda zener ZD1 dan ZD2 akan sama untuk 6V, baterai 9V dan 12V.
 Pada tegangan yang lain, Anda perlu menyesuaikan nilai dari ZD1 dan ZD2. Untuk pengisian arus 1 mA sampai 1 A, tidak diperlukan pendingin untuk T5. Jika maksimum pengisian arus yang dibutuhkan adalah 5A, tambahkan LM236-5 dipasang seri dengan dioda D2, ubah nilai R11 sampai 1 kilo-ohm, ganti D1 dengan dua SB560 dipasang paralel dan menyediakan pendingin untuk T1 MOSFET. IRF540 dapat menangani hingga 50W. 

Rakitlah rangkaian dalam pcb kemudian pasanglah dalam casing setelah pengaturan arus pengisian, tegangan pengisian berlebih dan tegangan pemakaian baterai berlebih.
 Pasanglah potmeters VR1, VR2 dan VR3 pada panel depan dari casing.

0 komentar:

Post a Comment

    Followers